Follow us

Lakukan 5 Strategi Ini Untuk Mengajukan Kenaikan Gaji!

strategi kenaikan gaji

Pekerja yang telah memberikan kontribusi dalam jangka waktu yang lama di suatu perusahaan pastinya mengharapkan apresiasi berupa kenaikan gaji yang sejalan dengan peningkatan kinerjanya.

Pekerja memiliki hak untuk mengajukan permintaan kenaikan gaj. Terutama jika gaji yang diterima tidak sebanding dengan beban kerja yang diemban. 

Namun, disadari bahwa tidak semua permintaan kenaikan penghasilan atau kenaikan upah akan langsung diterima. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan strategi yang efektif saat mengajukan permintaan. 

Dalam artikel ini nantinya akan membahas bagaimana strategi yang efektif untuk mengajukan kenaikan gaji karyawan. 

strategi kenaikan gaji

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk kenaikan gaji

Ketika hendak mengajukan permintaan kenaikan upah, penting untuk mempertimbangkan berbagai aspek guna meningkatkan peluang diterimanya permintaan tersebut.

Selain itu, sebagai karyawan harus bisa menilai apakah dirinya layak untuk menerima kenaikan penghasilan atau tidak.

Maka dari itu sebelum mengajukan, ketahui hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk kenaikan gaji, sebagai berikut : 

Mengetahui kebijakan mengenai kenaikan gaji 

Sebelum mengajukan kenaikan gaji, ada kalanya lebih baik untuk memahami kebijakan perusahaan mengenai kenaikan gaji.

Jangan sampai jika anda mengajukan kenaikan ini tidak sejalan dengan kebijakan perusahaan. Ini akan tampak tidak professional dan kurang informasi. 

Selain itu jika mengajukan kenaikan upah tidak sesuai prosedur, perusahaan hanya akan membuang waktu karena kecil kemungkinan akan diterima.

Evaluasi diri

Sebelum mulai menyusun strategi kenaikan gaji, cobalah untuk melakukan evaluasi dan introspeksi terlebih dahulu terhadap kinerja yang sudah dilakukan.

Anda harus mempertimbangkan kinerja dan prestasi yang telah didapat apakah sudah cukup baik untuk menerima kenaikan upah atau belum. 

Usahakan memiliki kontribusi yang besar dan menonjol terhadap perusahaan. Selain itu, anda bisa membandingkan bagaimana kinerja anda dibanding rekan-rekan yang lain.

Atau anda bisa dengan mudah mengevaluasi diri dengan menjawab pertanyaan seperti dibawah ini : 

  • Apakah saya berhasil mencapai target?
  • Apa saya bisa diandalkan atasan?
  • Apa saya proaktif mengerjakan sesuatu tanpa diminta?
  • Apa pekerjaan saya selalu konsisten mencapai hasil yang bagus?
  • Apa saya terlibat dan berkontribusi dalam proyek besar?

Dengan begini anda dapat bisa melihat peluang kenaikan gaji dapat diterima atau tidak.

Peningkatan skill dan kompetensi

Permintaan naik gaji bisa dilakukan ketika skill dan keterampilan anda bertambah. Ketika anda telah meningkatkan keterampilan atau memperoleh sertifikasi baru, maka akan berpotensi besar meningkatnya produktivitas.

Selain itu, peningkatan skill dan kompetensi akan menumbuhkan nilai positif pada pekerjaan, rekan kerja, atasan, hingga perusahaan.

Peluang untuk mendapatkan gaji meningkat menjadi lebih besar jika produktivitas dan kinerja meningkat dan menghasilkan output yang bagus untuk perusahaan. 

Melihat salary trend

Selanjutnya anda bisa melakukan riset untuk melihat salary trend di posisi anda saat ini. Salary trend adalah kisaran gaji yang umum untuk suatu jenis dan posisi pekerjaan tertentu. 

Anda bisa membandingkan kisaran gaji yang anda terima dengan salary trend yang ada. Jika angkanya masih di bawah rata-rata, anda punya alasan yang lebih kuat untuk mendapatkan kenaikan gaji.

Informasi salary trend bisa didapatkan melalui riset di internet atau berkonsultasi dengan rekan yang memiliki posisi yang sama.

Melihat kondisi perusahaan 

Selain itu, untuk mengajukan permintaan naik gaji haruslah melihat kondisi perusahaan terlebih dahulu. Apakah perusahaan di kondisi yang baik dan sedang mengalami keuntungan besar atau malah sebaliknya. 

Disarankan untuk tidak mengajukan ketika perusahaan sedang mengalami kesulitan keuangan atau berada di tengah transisi besar. Karena besar kemungkinan untuk pengajuan tersebut tidak akan diterima. Bahkan anda bisa dianggap tidak memahami situasi.

Pengaruh kenaikan gaji untuk perusahaan

Kenaikan upah akan memiliki dampak signifikan pada karyawan. Tetapi di sisi lain, perusahaan juga mendapat pengaruh dari kenaikan gaji tersebut, seperti : 

Meningkatkan motivasi dan produktivitas karyawan

Perusahaan akan menimbang untuk memberikan kenaikan gaji kepada karyawan melalui tinjauan kinerja karyawan. Karyawan yang memiliki performa paling baik akan mendapat peluang kenaikan gaji lebih besar.

Hal ini membangun lingkungan kerja yang lebih kompetitif dan berdampak pada produktivitas karyawan. Maka dari itu ini membawa win-win solution untuk karyawan dan perusahaan.

Menjaga kesejahteraan karyawan dari laju inflasi

Inflasi yang terus meningkat mengancam kesejahteraan pekerja. Rata-rata tingkat inflasi di Indonesia per tahun sekitar 6%, sementara pertumbuhan ekonomi nasional mencapai sekitar 5%. Oleh karena itu, diperkirakan kenaikan keseluruhan setiap tahunnya dapat mencapai sekitar 11%.

Jika hal ini tidak diimbangi oleh kenaikan upah, akan membuat karyawan tidak mampu mencukupi kehidupan sehari-harinya. Dampak lebih lanjut akan membuat karyawan tidak merasa sejahtera dan memutuskan berpindah ke perusahaan lain.

Maka dari itu perusahaan sebisa mungkin nengimbangi kenaikan upah dengan faktor-faktor yang ada.

Meminimalisir karyawan berpindah ke perusahaan lain

Perusahaan harus berusaha untuk selalu mengetahui informasi terbaru mengenai kisaran gaji karyawan yang berlaku di pasaran. Selain itu selalu terbuka ketika karyawan melakukan pengajuan kenaikan gaji.

Hal ini dilakukan agar karyawan mendapat gaji yang sepadan dengan kinerja yang telah dilakukan. Di sisi lain ini penting untuk melindungi karyawan yang berbakat dan memiliki performa kerja yang baik, agar tidak pindah ke perusahaan lain.

5 Strategi kenaikan gaji

Setelah mempertimbangkan hal-hal yang diperlukan saat akan mengajukan kenaikan gaji, dan sudah merasa pantas untuk dapat gaji yang meningkat, berikut strategi yang bisa anda lakukan saat mengajukan kenaikan gaji agar peluang diterima lebih besar : 

Menyusun capaian dan kontribusi yang telah dilakukan

Setelah merasa cukup yakin dengan pencapaian dan kontribusi yang telah dibuat, langkah berikutnya adalah merinci berbagai kontribusi tersebut. Hal ini melibatkan identifikasi proyek-proyek yang telah sukses dan penyusunan pencapaian signifikan yang telah tercapai.

menyusun pencapaian dapat menjadi strategi kenaikan gaji
Dengan menyusun pencapaian yang telah dilakukan, Anda bisa melakukan negosiasi kepada atasan

Proses ini akan membantu membangun argumen yang kuat untuk mendukung permintaan kenaikan gaji. Dalam menyusun kontribusi dapat menyertakan data kuantitatif jika mungkin, seperti angka peningkatan kinerja, efisiensi, atau keuntungan yang dapat dikaitkan dengan kontribusi yang telah dilakukan.

Dengan menyusun daftar ini, akan memberikan gambaran yang lebih rinci dan membantu meyakinkan atasan tentang nilai tambah dan kontribusi nyata yang telah anda berikan kepada kesuksesan perusahaan.

Pilihlah waktu yang tepat 

Seperti yang sudah dipertimbangkan terkait pemilihan waktu yang tepat untuk mengajukan kenaikan gaji, pilihlah waktu dimana perusahaan tidak sedang mengalami penurunan pemasukan.

Selain itu, perhatikan siklus penilaian kinerja perusahaan. Mengajukan permintaan kenaikan kompensasi setelah berhasil menyelesaikan proyek besar atau mencapai target kinerja dapat memberikan dasar yang kuat.

Bila anda baru saja menyelesaikan pelatihan atau memperoleh sertifikasi yang meningkatkan kualifikasi, ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengajukan permintaan peningkatan gaji.

Ajukan secara professional

Cobalah untuk menjaga tingkat profesionalisme dalam mengajukan permintaan kenaikan kompensasi gaji. Anda bisa memilih kata-kata dengan bijaksana, dan tidak menyinggung masalah yang terlalu pribadi. 

Berbicara secara profesional juga sebagai siasat agar atasan lebih tertarik untuk menerima kenaikan gaji yang diajukan. 

Jika di perusahaan anda memiliki prosedur dalam mengajukan kenaikan, sebisa mungkin mengikuti prosedur yang ada dan tidak mendesak atasan.

Siapkan argumen yang baik

Selain menyiapkan data pencapaian dan kontribusi, siapkan pula argumen yang baik dan tidak berbelit untuk mendukung anda dalam mengajukan kenaikan penghasilan. 

Hindari alasan seperti membandingkan diri dengan rekan kerja yang lain, mengungkit masalah pribadi, atau memiliki kebutuhan finansial pribadi yang mendesak.

Fokuslah pada pencapaian kinerja dan peningkatan keterampilan yang telah dilakukan dan pakailah data-data yang telah disusun sebelumnya untuk membuat argumen lebih kuat.

Selain itu bisa pula menjelaskan bagaimana kenaikan gaji akan berdampak pada peningkatan motivasi dan produktivitas di masa depan.

Negosiasikan dan tawarkan solusi 

Saat sedang meminta gaji naik kepada atasan, sebisa mungkin bernegosiasi dan tawarkan solusi lain jika atasan anda meragukan atau bahkan menolak argumen yang telah disampaikan.

Selama negosiasi, lihatlah sebagai kesempatan untuk menawarkan solusi. Misalnya jika memang tidak bisa mendapat kenaikan, cobalah untuk meminta benefit dalam bentuk lain sebagai alternatif terakhir. Misalnya benefit kesehatan yang lebih tinggi atau fasilitas yang lebih memadai.

Permisalan lainnya jika atasan meragukan kenaikan karena situasi finansial perusahaan yang sulit, anda bisa mengusulkan opsi seperti proyek tambahan yang dapat anda tangani untuk memberikan nilai tambah.

Cobalah untuk melakukan negosiasi secara konstruktif dan positif sehingga atasan juga bisa mempertimbangkan dan menyetujui kenaikan penghasilan.

Kesimpulan 

Kenaikan gaji atau kenaikan upah adalah proses yang penting dalam kemajuan karier setiap pekerja. Saat akan mengajukan kenaikan penghasilan karyawan perlu untuk melihat pertimbangan-pertimbangan yang memungkinkan besarnya peluang kenaikan diterima.

Setelah semua pertimbangan sesuai dan dipikir matang, perlu untuk menyiapkan strategi agar pengajuan kenaikan gaji sukses dilakukan. Dengan strategi yang tepat dan pemahaman yang baik tentang proses ini, karyawan dapat meraih kenaikan penghasilan yang mereka inginkan.

Ketika kenaikan upah yang diajukan sukses diterima maka akan adanya perubahan gaji pada karyawan. Perusahaan akan menyesuaikan gaji yang telah disepakati.

Untuk menyesuaikan gaji yang baru, perbarui data karyawan dengan aplikasi HRIS untuk memudahkan pekerjaan HR. Dengan Fortius HRIS, anda bisa memperbarui data karyawan sekaligus melakukan penggajian karyawan lebih efektif.

Semoga artikel strategi kenaikan gaji dapat memberi insight baru untuk anda yang ingin mengajukan kenaikan gaji!

Stay tune untuk artikel bermanfaat lainnya di Blog Fortius!

Terkait

Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia dan Strategi Menghadapinya
Read More
Akan Resign? Pahami One Month Notice Terlebih Dahulu
Read More
Tips cara memilih aplikasi HRIS untuk bisnis Anda
Read More

Thank You

Please check your email for further information and we will contact you soon through your registered number. Looking forward talking to you.