Follow us

Mengenal Apa Itu Slip Gaji Beserta Contohnya!

mengenal apa itu slip gaji beserta contoh slip gaji

Setiap menerima gaji, karyawan juga berhak lho mendapat slip gaji. Slip gaji secara garis besar adalah suatu dokumen yang memuat informasi mengenai gaji karyawan pada bulan tertentu.

Dalam slip gaji tidak hanya menampilkan gaji pokok belaka, melainkan juga memperlihatkan berbagai aspek penting terkait penghasilan seperti komponen, potongan, dan tunjangan lainnya.

Slip gaji tidak hanya menjadi bukti pembayaran gaji karyawan tetapi memiliki banyak kegunaan hingga bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman.

Maka dari itu, perlunya karyawan mengetahui apa itu slip gaji. Untuk tahu lebih lanjut mengenai apa itu slip gaji secara keseluruhan hingga contohnya, simak terus artikel di bawah ini ya!

Apa Itu Slip Gaji?

Sebelum mengulas lebih jauh, ketahui dulu apa itu slip gaji. Slip gaji adalah sebuah dokumen yang diterima karyawan ketika mereka mendapatkan gaji setiap bulannya. Slip gaji juga merupakan bukti bahwa hak karyawan sudah dibayarkan. 

Dalam dokumen slip gaji memuat berbagai hal-hal krusial mengenai gaji karyawan seperti gaji pokok, potongan penghasilan, pajak, bonus, dan lain sebagainya. 

Slip gaji memberikan kejelasan kepada karyawan bahwa hak-hak mereka telah terpenuhi dengan baik. Maka dari itu, slip gaji wajib diberikan pada karyawan. 

Kewajiban pemberian slip gaji karyawan ini diatur dalam regulasi pemerintah pada Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan, pasal 17 ayat (2): “Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja buruh pada saat upah dibayarkan.”

Dahulu slip gaji berbentuk dokumen kertas yang ditempelkan pada cek fisik atau disertakan dalam amplop gaji. Tetapi, seiring dengan perkembangan zaman banyak perusahaan yang sudah mengurangi cara manual dan beralih dengan digitalisasi. 

Mereka akan mengirimkan slip gaji secara otomatis melalui email ataupun dengan melalui aplikasi Payroll yang bisa diakses masing-masing karyawan.

Informasi dalam slip gaji ini bersifat pribadi dan hanya dapat diakses oleh karyawan penerima. Beberapa perusahaan bahkan menggunakan kode keamanan pada slip gaji yang dikirimkan melalui email.

Kegunaan Slip Gaji

Setelah mengetahui apa itu slip gaji, kini cari tahu tentang manfaat slip gaji. Selain untuk melihat rincian gaji yang diberikan untuk karyawan, slip gaji juga memiliki beberapa kegunaan lainnya lho, yaitu : 

  • Untuk meminimalisir atau menghindari adanya salah perhitungan terhadap gaji karyawan, karena di slip gaji terlihat jelas rincian penggajiannya.
  • Untuk menghindari adanya kecurangan, karena slip gaji menampilkan transparansi yang baik.
  • Untuk membantu karyawan dalam merencanakan pengeluaran 
  • Membantu karyawan untuk mengambil pinjaman ke bank, karena biasanya slip gaji menjadi salah satu syarat untuk mengambil pinjaman.
  • Membantu karyawan untuk negosiasi gaji di tempat yang baru.

Komponen Slip Gaji

Dalam mengetahui apa itu slip gaji perlunya melihat komponen yang tertera dalam format slip gaji. Biasanya slip gaji memiliki komponen atau format yang berbeda tetapi umum yang ditemukan sebagai berikut : 

Informasi Perusahaan 

Dalam slip gaji, setidaknya perlu mencakup identifikasi perusahaan, termasuk nama dan logo. Beberapa perusahaan juga memasukkan informasi kontak seperti alamat email, nomor telepon, atau alamat lengkap perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menegaskan keabsahan perusahaan sebagai pemberi gaji kepada karyawan.

Identitas Karyawan

Slip gaji tentu akan memuat informasi karyawan yang diberikan gaji tersebut. Biasanya identitas yang tertera memuat nama lengkap, Nomor Induk Karyawan (NIK), posisi jabatan, departemen bersangkutan, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). 

Gaji pokok

Dalam slip gaji tentu akan tercantum gaji pokok yang diterima oleh karyawan, yang juga merupakan fungsi utama dari dokumen tersebut.

Gaji pokok yang diterima harus sesuai dengan ketentuan kontrak kerja yang telah disepakati antara karyawan dan perusahaan.

apa itu slip gaji dan komponen slip gaji karyawan
Umumnya slip gaji memiliki komponen gaji seperti gaji pokok, lembur, bonus, pengeluaran, dan lainnya. (Sumber: Adobe Stock Photo)

Tunjangan, Bonus dan Lembur

Slip gaji juga akan memuat nilai tunjangan, bonus dan lembur yang diterima karyawan. Hal ini nantinya akan menambah pendapatan yang diterima diluar dari gaji pokok. 

Tunjangan yang diterima akan bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan dan apakah karyawan tersebut mendapatkan tunjangan tetap dan tidak tetap.

Pemberian bonus yang tidak periodik akan mempengaruhi besaran gaji bersih yang diterima, biasanya bonus bergantung pada prestasi dan kinerja masing-masing karyawan

Perusahaan yang menetapkan lembur kepada karyawannya berhak memberikan upah lembur yang sesuai. Nantinya upah lembur ini akan dimasukkan ke dalam slip gaji karyawan.

Potongan 

Selain itu adapula komponen potongan dalam slip gaji. Perusahaan biasanya mengenakan potongan pada gaji karyawan untuk membayar pajak, iuran BPJS, tabungan pensiun, ataupun pinjaman karyawan jika mereka mengambil pinjaman. 

Nantinya rincian potongan ini akan tercantum dalam slip gaji masing-masing karyawan.

Total Gaji Bersih 

Selain tertulis rincian penggajian, nantinya karyawan juga bisa melihat total gaji bersih yang di dapat. Ini adalah informasi mengenai pendapatan bersih yang diterima oleh karyawan setelah mengalami penambahan dan potongan dari berbagai sumber. Dari hasil perhitungan ini, karyawan tersebut akan menerima gaji yang dapat dibawa pulang.

Bukti Pengesahan

Slip gaji juga akan diberi pengesahan sebagai tanda bukti validitas penggajian yang sah dari perusahaan. Bentuknya dapat berupa tanda tangan, cap, atau identitas dari pihak yang berwenang memberikan gaji. 

Contoh Slip Gaji

Setelah mengetahui apa itu slip gaji beserta kegunaan dan komponen slip gaji mari lihat contoh slip gaji yang diberikan ke karyawan. 

Biasanya format slip gaji tergantung kebijakan masing-masing perusahaan, tetapi secara umum slip gaji akan memuat semua komponen yang telah dijelaskan sebelumnya. Berikut adalah contoh slip gaji karyawan.

contoh slip gaji
Contoh slip gaji yang telah terintegrasi dengan software payroll Fortius HRIS

Perlu diketahui bahwa sekarang slip gaji bisa diakses secara online, tidak lagi membutuhkan slip gaji fisik. Beberapa perusahaan memanfaatkan aplikasi khusus untuk mendistribusikan slip gaji, memungkinkan setiap karyawan untuk mengaksesnya secara mandiri. 

Fortius HRIS menghadirkan sistem payroll yang memudahkan penggajian hingga pendistribusian slip gaji. Slip gaji masing-masing karyawan bisa diakses otomatis tanpa harus dicetak menjadi bukti fisik. Selain itu, aplikasi Fortius HRIS akan menjamin kerahasiaan slip gaji karyawan.

Dalam software payroll ini, anda bisa menyesuaikan kebutuhan penggajian hingga pendistribusian slip gaji secara fleksibel sesuai kebutuhan perusahaan.

Karena itu, beralih menggunakan Fortius HRIS untuk mendapati kemudahan dalam pendistribusian slip gaji karyawan.

Kesimpulan 

Slip gaji merupakan hal yang wajib diberikan perusahaan pada saat pengajian berlangsung. Slip gaji ini akan memuat berbagai perincian gaji beserta komponennya mulai dari tunjangan, bonus, upah lembur, dan potongan-potongan. 

Hal ini juga meminimalisir adanya kecurangan perusahaan dalam memberikan gaji yang tidak sesuai untuk karyawannya. Selain itu karyawan juga bisa memakai slip gaji untuk pengajuan pinjaman karyawan.

Demikian artikel yang mengenai apa itu slip gaji, semoga dapat memberikan insight baru dalam proses penggajian ya! Jangan lupa untuk lihat artikel lainnya mengenai penggajian ataupun payroll di Blog Fortius

Terkait

Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia dan Strategi Menghadapinya
Read More
Akan Resign? Pahami One Month Notice Terlebih Dahulu
Read More
Tips cara memilih aplikasi HRIS untuk bisnis Anda
Read More

Thank You

Please check your email for further information and we will contact you soon through your registered number. Looking forward talking to you.