Follow us

Pahami 6 Fungsi Human Resource Development Untuk Kunci Sukses Perusahaan

Fungsi Human Resource Development (HRD)

Apakah kalian pernah terpikir bagaimana perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan terorganisir dengan baik hingga terus berkembang? Atau kalian pernah penasaran siapa orang yang merekrut kalian saat perekrutan karyawan di perusahaan?

Yup! Ini semua adalah tugas dan fungsi Human Resource Development dalam perusahaan. Fungsi Human Resource Development tidak hanya sebatas perekrutan saja lho, tetapi mengatur segala urusan administrasi dan kebutuhan operasional yang berkaitan dengan karyawan.

Di era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, peran Human Resource Development semakin penting dalam suatu organisasi karena dapat menjadi kunci sukses sebuah perusahaan. 

Yuk lihat lebih lanjut mengenai apa saja sih fungsi Human Resource Development hingga manfaatnya buat perusahaan dalam artikel di bawah ini!

Pengertian Human Resource Development 

Human Resource Development (HRD) adalah salah satu divisi yang khusus mengelola sumber daya manusia dalam perusahaan. Human Resource Development jika diartikan dalam bahasa indonesia menjadi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM).

Karyawan sebagai salah satu aset penting dalam perusahaan memerlukan sebuah tim untuk mengelola dan mengaturnya. 

Maka HRD bertugas untuk memenuhi kebutuhan karyawan agar karyawan memiliki kinerja dan produktivitas yang baik. 

Divisi ini juga memastikan para karyawan memiliki kemampuan dan semangat untuk mencapai tujuan bersama perusahaan. Dampak positifnya, akan membawa perusahaan menuju pertumbuhan yang optimal.

Tanggung jawab HRD juga mencangkup lingkup personalia. Tetapi tidak banyak perusahaan akan memisahkan HRD dari personalia. 

Biasanya personalia akan dipegang oleh bagian HR yang berfokus pada pengelolaan yang bersifat administratif, seperti database, payroll, absensi, filling dokumen.

Sedangkan HRD memiliki lingkup lebih besar seperti training, general affair, rekrutmen dan seleksi, HR planning, dan career development.

Fungsi Human Resource Development

Human Resource Development (HRD) memegang peranan krusial dalam sebuah organisasi. Fungsinya yang beragam berdampak pada pengembangan karyawan dan kemajuan organisasi secara keseluruhan. Mari kita bahas fungsi Human Resource Development lebih dalam di bawah ini. 

Mengelola dan membuat perencanaan SDM

Fungsi Human Resource Development yang pertama adalah untuk mengelola dan membuat perencanaan SDM yang strategis. 

HRD akan membantu perusahaan memprediksi apa saja kebutuhan SDM di masa yang akan datang berdasarkan perencanaan yang strategis. Hal ini memastikan bahwa perusahaan memiliki jumlah SDM yang tepat untuk mencapai tujuan organisasi.

Mengembangkan keterampilan dan pengetahuan karyawan

Selanjutnya, HRD membantu untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan karyawan. Dengan pelatihan yang tepat membuat karyawan dapat berkembang dengan baik. Yang nantinya akan berdampak pada produktivitas perusahaan yang meningkat.

Terlibat dalam seleksi dan perekrutan karyawan

Dalam fungsinya, HRD berusaha untuk mencari calon kandidat karyawan yang kompeten, berkualitas dan yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan organisasi.

fungsi Human Resource Development
Salah satu fungsi Human Resource Development adalah terlibat dalam perekrutan karyawan (Sumber: Freepik)

HRD haruslah memiliki proses perekrutan yang efektif, agar perusahaan dapat menarik individu yang memiliki potensi besar. 

Membangun budaya positif perusahaan 

Human Resource Development juga memiliki fungsi penting untuk membangun budaya kerja yang positif dan kondusif antar karyawan dan manajemen. 

Dengan membangun lingkungan positif yang kuat dapat memotivasi karyawan, meningkatkan kinerja karyawan serta meningkatkan retensi. 

Membantu pemecahan konflik dalam perusahaan

Selain itu, human resource development berfungsi untuk menyelesaikan permasalahan internal maupun antar karyawan. HRD akan membantu karyawan yang sedang terlibat konflik dapat dengan cepat menemukan solusi. 

Ini mencegah karyawan mengalami masa sulit jangka panjang dan membuat kinerja karyawan tersebut menurun. Selain itu, dengan pemecahan konflik yang cepat membuat lingkungan kerja lebih harmonis.  

Manajemen kinerja

Fungsi Human Resource Development terakhir juga memiliki fungsi untuk membantu perusahaan dalam mengevaluasi kinerja karyawan dan memberikan feedback yang baik untuk peningkatan kinerja karyawan.

Selain itu, HRD juga mengevaluasi seluruh program pelatihan dan pengembangan bakat yang dijalankan agar tepat sasaran dengan karyawan.

Manfaat Human Resource Development 

Human Resource Development tidak hanya mengurusi kesejahteraan karyawan saja. Bagian ini punya peran penting yang memberikan banyak keuntungan buat perusahaan. Berikut manfaat HRD untuk perusahaan :

  • Kinerja karyawan dapat meningkat dan lebih berkualitas serta lebih produktif.
  • Karyawan menjadi lebih loyal dan engage dengan perusahaan. 
  • Produktivitas perusahaan meningkat dan perusahaan dapat berkembang dengan baik.
  • Memiliki SDM yang unggul membuat perusahaan menjadi lebih kompetitif.
  • Budaya kerja menjadi lebih positif dan kondusif.
  • Menghindari permasalahan hukum karena HRD memastikan perusahaan mematuhi peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.

Tugas Utama Human Resource Development 

Dalam perusahaan, HRD memiliki tugas dan tanggung jawab yang luas dalam mengelola dan mengembangkan karyawan. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab Human Resource Development yakni: 

Melakukan rekrutmen dan seleksi 

Seorang HRD bertanggung jawab melakukan perekrutan dan seleksi terhadap calon kandidat karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

HDR bertugas mulai dari merancang iklan lowongan kerja, mencari kandidat yang memenuhi syarat, dan melakukan proses seleksi yang ketat.

Melakukan pelatihan dan pengembangan

Tidak hanya fokus merekrut, HRD bertugas untuk memberikan pelatihan dan pengembangan para karyawan agar mereka dapat meningkatkan potensi dan skillnya masing-masing.

Tugas HRD dalam pengembangan karyawan mencakup analisis kebutuhan pelatihan, perencanaan dan pelaksanaan program pelatihan, pengembangan karir, pembinaan, manajemen kinerja, evaluasi efektivitas pelatihan, identifikasi bakat, dan pengembangan karyawan secara individual.

Mengelola kompensasi dan benefit

Mengelola kompensasi dan benefit merupakan tanggung jawab Human Resource Development.

Seorang HRD merancang sistem gaji, tunjangan, dan bonus yang kompetitif dan adil untuk seluruh karyawan. Ini penting untuk menarik dan mempertahankan karyawan berbakat. 

Kepatuhan peraturan ketenagakerjaan

Tugas utama selanjutnya adalah memastikan bahwa perusahaan berjalan sesuai peraturan ketenagakerjaan yang berlaku. Ini mencakup penentuan jam kerja, cuti, kesehatan dan keselamatan kerja, serta proses pemutusan hubungan kerja (PHK).

Mengelola personalia 

Tugas HRD yang tidak kalah penting yaitu mengelola personalia seperti mengelola data informasi pribadi karyawan, mengelola absensi, mengelola expenses, mengatur jadwal kerja karyawan serta mengelola karyawan cuti dan lembur

Kemudahan Pekerjaan Human Resource Development bersama Fortius HRIS

Pengelolaan personalia saat ini dapat dipermudah dengan memanfaatkan sistem aplikasi HRIS yang dirancang untuk mengatur dan menyimpan data karyawan dengan aman. 

Jadi, Human Resource Development tidak akan sulit melakukan semuanya secara manual. Ini akan meningkatkan efisiensi kinerja mereka.

Fortius HRIS dapat menjadi salah satu pilihan HRIS anda. Fortius HRIS menghadirkan segala kebutuhan operasional HR mulai dari pengelolaan absen dan cuti, pengelolaan data karyawan, mengatur shift karyawan hingga pengelolaan aset melalui satu aplikasi yang efektif dan efisien.

Tugas personalia HRD dapat dikerjakan secara cepat dan mudah. Ini dapat menghemat waktu HRD dalam melakukan tugas yang lain. Selain itu dengan menggunakan Fortius HRIS akan meminimalisir human error dan kehilangan data. 

Anda bisa kunjungi website Fortius HRIS untuk mengetahui lebih lanjut. 

Kesimpulan 

Human Resource Development merupakan bagian vital dalam perusahaan. HRD secara singkat, memegang peranan penting dalam memastikan organisasi memiliki SDM yang unggul untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. 

Divisi HRD akan terus memastikan karyawan memiliki kemampuan dan semangat untuk mencapai tujuan bersama perusahaan. 

HRD tidak hanya mengerjakan tugas personalia tetapi juga memastikan karyawan untuk mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan di masa depan.

Nantinya, dampak positif HRD dapat dilihat dari meningkatnya produktivitas, loyalitas karyawan, dan daya saing perusahaan.

Demikian artikel mengenai Human Resource development, semoga dengan memahami fungsi dan tugas serta manfaat HRD. Diharapkan pembaca dapat lebih memahami peran penting HRD dalam sebuah perusahaan.

Ingin lihat artikel bermanfaat lainnya? Kunjungi Blog Fortius!

Terkait

Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia dan Strategi Menghadapinya
Read More
Akan Resign? Pahami One Month Notice Terlebih Dahulu
Read More
Tips cara memilih aplikasi HRIS untuk bisnis Anda
Read More

Thank You

Please check your email for further information and we will contact you soon through your registered number. Looking forward talking to you.