Follow us

Kenali 8 Jenis Tunjangan Karyawan Untuk Pekerja

Kenali Jenis Tunjangan Karyawan

Tahukah anda bahwa perusahaan juga memberikan tunjangan kepada karyawan disamping gaji pokok. Tunjangan juga merupakan hal yang penting dalam penggajian. 

Memberikan tunjangan pasti memberikan keuntungan bagi para karyawan. Hal ini akan memiliki dampak yang signifikan pada kelangsungan kerja karyawan, karena pemberian tunjangan dapat mempengaruhi tingkat kinerja para karyawan. 

Mengingat tingginya persaingan di pasar bisnis, perusahaan perlu berupaya memberikan kompensasi yang baik untuk menjaga loyalitas para karyawan. Maka dari itu, tunjangan merupakan hal yang baik untuk karyawan maupun perusahaan.

Tunjangan karyawan banyak jenisnya lho! Yuk bahas lebih lanjut mengenai pengertian tunjangan beserta manfaat dan jenis tunjangan karyawan. Simak terus artikel ini sampai akhir ya!

Apa itu tunjangan karyawan? 

Tunjangan karyawan merupakan kata yang tidak asing didengar oleh para karyawan. Tunjangan karyawan adalah suatu kompensasi yang diberikan oleh perusahaan diluar dari gaji pokok sebagai penunjang penghasilan.

Tunjangan karyawan atau employee benefits bentuknya tidak hanya uang saja, tetapi bisa meliputi asuransi, fasilitas makan siang, kendaraan dan lainnya. 

jenis tunjangan karyawan
Terdapat beberapa jenis tunjangan karyawan yang diberikan oleh perusahaan (Sumber: iStock Photo)

Besaran dan bentuk dari tunjangan sendiri akan menyesuaikan kebijakan perusahaan masing-masing dan biasanya akan tertulis dalam kontrak kerja awal yang akan meliputi berbagai detail di dalamnya. 

Di Indonesia, tunjangan karyawan disinggung di beberapa peraturan tertulis. Yaitu, dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 94 dan 157 tentang tunjangan karyawan. Lalu Peraturan Pemerintah Pengupahan Nomor 78 Tahun 2015 tentang tunjangan tetap, tunjangan non tetap, dan tunjangan hari raya.

Meskipun begitu pemerintah tidak mengatur besaran tunjangan karyawan swasta. Satu-satunya yang diatur pemerintah adalah pemberian THR.

Di luar itu, tidak ada peraturan yang secara spesifik mengatur macam-macam tunjangan, besaran, dan ketentuan pembayarannya.

Selain itu, perusahaan umumnya akan memanfaatkan sistem payroll untuk mengelola tunjangan karyawan, yang juga merupakan salah satu komponen payroll. 

Apakah tunjangan sama dengan bonus?

Tunjangan tentu berbeda dengan insentif atau bonus. Tunjangan sendiri diberikan secara rutin dan teratur biasanya per bulan, meskipun ada tunjangan yang diberikan secara situasional (tunjangan tidak tetap). Tunjangan juga diberikan secara merata kepada seluruh karyawan tanpa memandang kinerja yang mereka lakukan.

Sedangkan, insentif atau bonus merupakan kompensasi yang diberikan atas pencapaian atau hasil kerja yang memuaskan, oleh dari itu insentif tidak diberikan secara rutin, teratur dan akan tergantung kinerja masing-masing karyawan.

Maka jelas tunjangan dan bonus merupakan dua hal yang berbeda.  

Tujuan dan manfaat tunjangan karyawan 

Tunjangan karyawan yang diberikan memiliki beberapa tujuan, tidak semata-mata hanya mengikuti peraturan pemerintah saja. Tunjangan karyawan tentu memiliki manfaat selain untuk karyawan juga untuk perusahaan. Berikut tujuan dan manfaat tunjangan karyawan : 

  • Bertujuan untuk memotivasi karyawan untuk lebih produktif, karena dengan adanya tunjangan karyawan, karyawan akan merasa lebih diapresiasi oleh perusahaan.
  • Tunjangan juga akan menunjang bisnis karyawan. Dengan tumbuhnya produktivitas yang baik dari karyawan akan meningkatkan bisnis hingga kualitas perusahaan.
  • Memberikan tunjangan akan mensejahterakan karyawan dimana nantinya akan menimbulkan lingkungan yang nyaman serta relasi yang baik antara karyawan dan perusahaan.
  • Untuk mempertahankan karyawan yang memiliki potensi baik. Hal ini nantinya meminimalisir perusahaan kehilangan karyawan yang memiliki potensi, kualitas, dan loyalitas tinggi.
  • Untuk menghindari karyawan dari stress akibat finansial yang buruk. 

Tunjangan karyawan terbagi menjadi 2 

Sebelum masuk pada jenis tunjangan karyawan. Perlu diketahui bahwa tunjangan karyawan dibedakan menjadi 2 yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. 

Tunjangan tetap 

Tunjangan tetap adalah suatu kompensasi yang diberikan secara rutin dan teratur setiap bulannya kepada karyawan dan dibayarkan sekaligus bersama dengan gaji pokok. 

Dengan kata lain, tunjangan ini sifatnya berkala dan tidak dipengaruhi oleh faktor yang dapat berubah seperti kehadiran karyawan. 

Tunjangan tidak tetap 

Sedangkan tunjangan tidak tetap adalah suatu kompensasi yang diberikan secara tidak tetap kepada karyawan. Tunjangan ini dibayarkan menurut satuan waktu yang tidak sama dengan waktu pembayaran gaji pokok. Faktor seperti kehadiran akan sangat berpengaruh.

Jenis-jenis tunjangan karyawan

Tunjangan karyawan memiliki banyak jenisnya, penjelasannya sebagai berikut : 

Tunjangan kesehatan

Jenis tunjangan karyawan yang umumnya disediakan oleh perusahaan adalah tunjangan kesehatan. Tunjangan kesehatan adalah tunjangan yang diberikan untuk melindungi serta mendukung kesehatan para pekerjanya. 

Tunjangan kesehatan bisa berbentuk asuransi kesehatan atau jaminan kesehatan untuk karyawan dan keluarganya. Beberapa perusahaan juga memberikan tunjangan untuk para karyawan melakukan medical check-up secara rutin. 

Tunjangan hari raya

Tunjangan hari raya merupakan jenis tunjangan karyawan yang umum ditemui di berbagai perusahaan. Biasanya, tunjangan ini diberikan sekali setahun menjelang hari raya keagamaan, seperti Idul Fitri dan Natal, atau sesuai dengan keyakinan agama masing-masing karyawan. 

Tunjangan hari raya ini bersifat wajib diberikan oleh perusahaan, yang telah diatur Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016. 

Selain diatur oleh peraturan tersebut, menurut PP No. 78 Tahun 2015 dalam Pasal 7 menyebutkan bahwa tunjangan hari raya keagamaan bersifat wajib diberikan kepada pekerja maksimal 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

Tunjangan pensiun

Tunjangan pensiun adalah bentuk imbalan atau penghasilan tambahan yang diberikan kepada karyawan setelah pensiun dari pekerjaannya. 

Jenis tunjangan karyawan yang satu ini bertujuan untuk memberikan dukungan finansial kepada karyawan yang telah memasuki masa pensiun. Selain itu, tunjangan pensiun juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup, serta menjamin keberlanjutan kehidupan yang layak setelah berhenti bekerja. 

Tentu saja tunjangan ini diberikan ketika karyawan yang telah memasuki usia tertentu. Besarannya pun tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

Tunjangan jabatan

Jenis tunjangan karyawan selanjutnya adalah tunjangan jabatan. Tunjangan jabatan merupakan kompensasi yang diberikan ketika karyawan menempati jabatan tertentu. 

Besarnya tunjangan jabatan seringkali bergantung pada faktor-faktor seperti tingkat jabatan, tanggung jawab pekerjaan, dan kebijakan perusahaan terkait kompensasi. 

Tunjangan ini bertujuan untuk memberikan insentif kepada karyawan agar mereka tetap termotivasi dan merasa dihargai dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab jabatan mereka.

Tunjangan keluarga

Tunjangan keluarga adalah tunjangan yang diberikan untuk karyawan yang telah berkeluarga. Misalnya, tunjangan istri (untuk istri yang tidak bekerja) atau tunjangan anak (untuk karyawan yang memiliki anak kurang dari 21 tahun dan belum bekerja).

Tunjangan makan siang

Beberapa perusahaan juga menunjang dan memfasilitasi makan siang para karyawannya, hal ini masuk pada tunjangan makan siang. Tunjangan makan siang dapat diberikan dalam bentuk berbagai opsi, seperti kantin di tempat kerja, voucher makan, atau subsidi makanan.

Tunjangan makan siang bisa masuk ke dalam tunjangan tidak tetap ketika pemberiannya dipengaruhi oleh absensi/kehadiran. Jadi, karyawan dapat menerima tunjangan ini jika mereka hadir pada hari tersebut. 

Tunjangan transportasi

Seperti halnya dengan tunjangan makan siang, perusahaan umumnya juga menyediakan tunjangan transportasi bagi karyawan mereka. Tujuan dari tunjangan transportasi adalah memfasilitasi karyawan agar dapat dengan lancar mencapai lokasi kantor.

Bentuk tunjangan transportasi bisa berbentuk uang atau layanan antar-jemput karyawan. Tunjangan ini juga akan dipengaruhi oleh faktor absensi atau kehadiran.

Tunjangan perumahan 

Adapun jenis tunjangan karyawan lainnya adalah tunjangan perumahan. Tunjangan perumahan adalah kompensasi berbentuk uang tunai, subsidi, atau fasilitas perumahan, untuk menunjang uang sewa rumah yang ditinggali. Tunjangan ini lebih umum diberikan kepada pegawai pemerintahan.

Kesimpulan

Di luar gaji pokok, perusahaan juga memberikan tunjangan yaitu kompensasi yang diberikan untuk karyawan agar terciptanya kesejahteraan antara karyawan dan perusahaan. Tunjangan dapat melibatkan berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan perusahaan.

Penting untuk diingat bahwa tunjangan karyawan memiliki besaran dan kebijakan yang bervariasi pada masing-masing perusahaan. Maka dari itu, pastikan kalian mengetahui tunjangan yang diterima memiliki bentuk yang mana.

Demikian artikel mengenai jenis tunjangan karyawan. Semoga artikel ini bisa memberikan insight baru ya! Stay tune di Blog Fortius untuk artikel lainnya.

Terkait

Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia dan Strategi Menghadapinya
Read More
Akan Resign? Pahami One Month Notice Terlebih Dahulu
Read More
Tips cara memilih aplikasi HRIS untuk bisnis Anda
Read More

Thank You

Please check your email for further information and we will contact you soon through your registered number. Looking forward talking to you.