Follow us

Catat! Ini Peraturan Pajak Penghasilan Terbaru di Indonesia 2023

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan peraturan pajak penghasilan terbaru untuk tahun 2023. Peraturan ini menetapkan beberapa perubahan dalam perhitungan pajak penghasilan karyawan dan mempengaruhi perusahaan dalam pengelolaan keuangan dan karyawan mereka.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memahami peraturan pajak penghasilan terbaru dan memastikan bahwa penghitungan pajak dilakukan dengan benar.

Apa saja perubahan peraturan pajak penghasilan terbaru di Indonesia untuk tahun 2023?

peraturan pajak penghasilan 2023
Mengetahui peraturanpajak penghasilan penting untuk menghitung gaji karyawan lebih akurat (Photo: iStock Photo)

Lalu, apa saja perubahan peraturan pajak penghasilan terbaru? Berikut adalah penjelasannya:

Peningkatan Batas Penghasilan Kena Pajak

Peraturan pajak penghasilan terbaru menetapkan bahwa batas penghasilan kena pajak dinaikkan dari Rp 54 juta per tahun menjadi Rp 72 juta per tahun. Hal ini berarti bahwa karyawan dengan penghasilan di bawah Rp 72 juta per tahun tidak akan dikenakan pajak penghasilan.

Pajak Penghasilan Tertentu

Peraturan pajak penghasilan terbaru juga memperkenalkan pajak penghasilan tertentu bagi karyawan yang penghasilannya melebihi Rp 500 juta per tahun. Pajak penghasilan tertentu ini dikenakan sebesar 35% dari penghasilan karyawan yang melebihi Rp 500 juta per tahun.

Pajak Penghasilan Pasal 21

Pajak Penghasilan Pasal 21 adalah pajak penghasilan yang dikenakan pada penghasilan karyawan dari gaji, tunjangan, bonus, dan komisi.

Peraturan pajak penghasilan terbaru menetapkan bahwa tarif pajak Penghasilan Pasal 21 akan dinaikkan dari 5% menjadi 7,5% untuk karyawan dengan penghasilan tahunan hingga Rp 200 juta. Sedangkan untuk karyawan dengan penghasilan di atas Rp 200 juta, tarif pajak akan dinaikkan dari 30% menjadi 35%.

peraturan pajak penghasilan
Untuk penggajian, HRIS SaaS dapat menjadi solusi (Source: iStock Photo)

Setelah mengetahui perubahan pajak terbaru yang berlaku di tahun 2023 ini, penting sekali untuk memahami hal ini untuk meminimalisir kesalahan dalam penggajian.

Oleh karena itu, untuk urusan penggajian dapat dilakukan oleh software HRIS SaaS. Software HRIS SaaS adalah solusi untuk pekerjaan operasional dalam mengelola sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan atau HR. Termasuk soal penggajian yang umumnya memiliki proses cukup rumit,

Untuk mengatasi hal tersebut, banyak perusahaan mulai mengaplikasikan software HRIS SaaS. Salah satunya adalah dengan menggunakan Fortius HRIS.

Bagaimana Fortius HRIS SaaS dapat membantu perusahaan dalam penghitungan pajak penghasilan?

Fortius HRIS adalah software payroll dengan HRIS SaaS yang menyediakan berbagai fitur untuk membantu perusahaan dalam penghitungan pajak penghasilan secara akurat dan efisien. Fitur-fitur tersebut antara lain:

Penghitungan Pajak Penghasilan Otomatis

Fortius HRIS SaaS dilengkapi dengan fitur penghitungan pajak penghasilan otomatis yang akan menghitung jumlah pajak penghasilan yang harus dibayarkan oleh karyawan berdasarkan penghasilan mereka.

Pemahaman Pajak Penghasilan

Fortius HRIS SaaS juga memberikan pemahaman yang mudah bagi karyawan dalam memahami penghitungan pajak penghasilan dan peraturan pajak penghasilan terbaru di Indonesia.

Dengan adanya pemahaman yang mudah, karyawan akan lebih mudah memahami peraturan pajak dan dapat mengelola penghitungan pajak mereka sendiri.

Pengelolaan Pajak Penghasilan Tertentu

Fortius HRIS SaaS juga dilengkapi dengan fitur pengelolaan pajak penghasilan tertentu bagi karyawan yang penghasilannya melebihi Rp 500 juta per tahun. Dengan fitur ini, perusahaan dapat menghitung dan membayarkan pajak penghasilan tertentu secara otomatis dan akurat.

Pelaporan Pajak Penghasilan

Fortius HRIS SaaS juga menyediakan fitur pelaporan pajak penghasilan yang akan memudahkan perusahaan dalam melaporkan pajak penghasilan karyawan ke pihak berwenang. Dengan fitur ini, perusahaan dapat memastikan bahwa laporan pajak penghasilan mereka akurat dan tepat waktu.

Kesimpulan

Peraturan pajak penghasilan terbaru di Indonesia untuk tahun 2023 memiliki perubahan yang signifikan dalam perhitungan pajak penghasilan karyawan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memastikan bahwa penghitungan pajak dilakukan dengan benar.

Salah satu solusi HRIS yang dapat membantu perusahaan dalam penghitungan pajak penghasilan secara akurat dan efisien adalah Fortius HRIS.

Fortius HRIS solusi HRIS SaaS dengan payroll yang sudah update dengan peraturan pajak penghasilan

Dengan berbagai fitur yang disediakan, Fortius HRIS SaaS akan membantu perusahaan dalam mengelola perhitungan pajak penghasilan karyawan dan memastikan kepatuhan perusahaan terhadap peraturan pajak penghasilan terbaru di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur Payroll Fortius HRIS dapat cek disini.

Terkait

Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia dan Strategi Menghadapinya
Read More
Akan Resign? Pahami One Month Notice Terlebih Dahulu
Read More
Tips cara memilih aplikasi HRIS untuk bisnis Anda
Read More

Thank You

Please check your email for further information and we will contact you soon through your registered number. Looking forward talking to you.