Follow us

Rekomendasi 10 Aplikasi HRIS Yang Bisa Membantu Perusahaan Anda! 

Rekomendasi aplikasi HRIS, aplikasi HRD

Teknologi yang berkembang saat ini sudah semakin banyak dan kegunaannya yang bermacam-macam. Termasuk dengan perkembangan HRIS yang semakin maju.

HRIS atau Human Resources Information System merupakan salah satu contoh teknologi untuk meningkatkan produktivitas dalam perusahaan.

HRIS adalah sistem perangkat lunak atau software yang membantu HR mengelola segala data karyawan. HRIS membantu perusahaan terutama divisi HR dalam mengelola dan mengotomatisasi proses inti SDM.

Pemanfaatan HRIS saat ini memiliki peran yang sangat vital dalam lingkungan perusahaan. HRIS membawa berbagai manfaat yang signifikan, dan efeknya dapat meningkatkan daya saing dan kompetensi perusahaan secara keseluruhan.

Sekarang, aplikasi HRIS sudah banyak menjamur. Setiap aplikasi atau software HRIS memiliki fiturnya masing-masing yang pastinya akan mendukung pertumbuhan perusahaan secara optimal. 

Maka dari itu dalam artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang apa itu HRIS dan memberikan rekomendasi 10 aplikasi HRIS yang mungkin bisa menjadi pilihan anda.

Pengertian HRIS

Secara sederhana, singkatan HRIS adalah Human Resources Information Software. HRIS adalah suatu perangkat lunak atau software yang digunakan untuk membantu mengelola dan  mengotomatisasikan pekerjaan HR dalam mengelola SDM.

Sistem HRIS membantu mulai dari menyimpan data karyawan, penggajian, manajemen kinerja, pelatihan, rekrutmen, dan berbagai aspek lainnya yang terkait dengan tenaga kerja. 

Segala proses menggunakan HRIS akan lebih cepat dan segala data akan tersusun rapi dalam database. Data ini sendiri dapat di update secara berkala yang mana keakuratan data tersebut akan lebih tinggi. Meminimalisir kesalahan data.

Data karyawan tentu adalah hal vital, tentu HRIS akan menjamin keamanan data yang mana hanya pihak tertentu yang memiliki akses. 

Oleh karena itu, dengan memanfaatkan HRIS, HR tidak perlu lagi melakukan manajemen secara manual. Bayangkan betapa lebih mudahnya proses manajemen, terutama jika perusahaan memiliki jumlah karyawan yang besar. 

Manfaat HRIS 

Setelah mengerti apa itu HRIS, ketahui manfaat HRIS secara lebih jelas di bawah ini : 

  • Beragam pengelolaan otomatis membuat produktivitas HR menjadi meningkat. 
  • Membantu pekerjaan yang sifatnya repetisi menjadi lebih mudah seperti perekapan absen, pembayaran gaji, pengajuan cuti, dsb. 
  • Menyimpan data secara terstruktur dan dapat diperbarui secara berkala, memfasilitasi kemudahan bagi departemen HR untuk mengakses informasi karyawan, menyoroti perincian posisi karyawan, dan melakukan analisis karyawan dengan efektif.
  • Informasi yang dihasilkan dari HRIS dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan perencanaan sumber daya manusia, memungkinkan antisipasi dan persiapan terhadap kebutuhan di masa depan.
  • Penggajian dapat dilakukan dengan mudah dan efektif. Mulai dari perekapan data, pemotongan pajak, distribusi penggajian hingga membuat slip gaji otomatis. 
  • Mengontrol kinerja karyawan agar tetap on track dan lancar dengan melakukan perbandingan kinerja dengan target atau KPI yang sudah ditetapkan dalam sistem HRIS itu sendiri.
  • Meminimalisir biaya operasional pengeluaran untuk kertas pengajuan dan mengurangi biaya-biaya tak terduga lainnya.
  • Mengurangi permasalahan seperti human error yang kerap terjadi.
  • Meningkatkan produktivitas karyawan seperti pengajuan cuti dan reimbursement akan lebih mudah.
  • Penggajian menjadi lebih cepat dan transparan. Hal ini membangun hubungan yang positif antara karyawan dan perusahaan.
manfaat menggunakan aplikasi HRIS
Salah satu manfaat HRIS adalah meningkatnya produktivitas karyawan. (Sumber: iStock Photo)

Jadi, banyak sekali bukan manfaat menggunakan HRIS? Karena manfaatnya ini, perusahaan pun mulai mengadopsi aplikasi HRIS untuk kebutuhan manajemen HR yang lebih maksimal.

Kegunaan HRIS

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, HRIS berguna untuk membantu pekerjaan HR agar lebih mudah dan efisien. Tetapi, tidak hanya itu berikut lebih lanjut mengenai kegunaan HRIS lainnya : 

Merekap seluruh data karyawan

HRIS memungkinkan penyimpanan informasi pribadi, riwayat pekerjaan, dan data kualifikasi karyawan. Kelebihan HRIS juga mencakup kemudahan pencarian, akses cepat, dan pembaruan data secara berkala.

HRIS menyimpan keseluruhan data terpusat dengan aman dan terintegrasi sehingga hanya orang tertentu yang memiliki akses untuk mengelolanya.

Manajemen absensi dan cuti

HRIS membantu mengelola keseluruhan proses absensi agar lebih mudah dan akurat. Nantinya jika karyawan absen, datanya akan langsung terdata dalam HRIS. Data yang tercatat meliputi pertihitungan jam kerja karyawan. Hal ini akan memudahkan HR dalam memonitoring karyawan.

Fungsi lainnya adalah kemampuan bagi karyawan untuk memantau dan mengajukan cuti secara mandiri melalui aplikasi yang disediakan oleh HRIS sistem, menciptakan proses yang lebih mudah dan efektif.

Mengelola penggajian 

HRIS juga membantu untuk melakukan pengelolaan penggajian karyawan. Dimana HRIS memungkinkan pendataan karyawan yang komprehensif, otomatisasi proses penggajian, perhitungan pajak dan potongan, manajemen berbagai komponen gaji, pencatatan histori gaji, serta pemberian slip gaji. 

perhitungan gaji manual - rekomendasi aplikasi HRIS
Dengan aplikasi HRIS, penggajian akan semakin mudah tanpa perhitungan manual. (Sumber: iStock Photo)

Selain itu, HRIS memberikan akses karyawan ke informasi gaji. Sehingga dengan HRIS memudahkan perusahaan dapat memberikan gaji tepat waktu.

Monitoring kinerja 

Sistem HRIS juga dapat melakukan pemantauan kinerja karyawan secara real-time. HRIS membantu HR untuk memonitoring karyawan dengan melakukan perbandingan kinerja dengan target atau KPI yang sudah ditetapkan dalam sistem HRIS itu sendiri.

Dengan ini mempermudah untuk melihat kinerja karyawan agar tetap on track dan teratur. 

Manajemen pelatihan 

Selain itu, sistem HRIS akan membantu perusahaan dalam membuat program pelatihan yang terstruktur dan terukur, serta dapat memonitoring karyawan dalam melakukan pelatihan.

HRIS juga akan memudahkan untuk mengevaluasi keberhasilan program pelatihan serta akan meningkatkan efektivitas pelatihan.  

Rekomendasi 10 Aplikasi HRIS Terpopuler

Banyak perusahaan menyediakan sistem HRIS untuk memanajemen sumber daya manusia di dalam perusahaan. Dengan banyaknya manfaat dan kegunaan dalam membantu HR, sistem HRIS menjadi populer di kalangan perusahaan dan pebisnis.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi HRIS yang bisa menjadi rekomendasi HRIS pilihan anda.

Fortius HRIS 

Rekomendasi aplikasi HRIS pertama adalah Fortius HRIS yang menghadirkan berbagai fitur unggulan dalam satu aplikasi. Semua urusan yang berhubungan dengan HR dapat dikustomisasi dan dijalankan secara otomatis seperti payroll. 

rekomendasi aplikasi HRIS: Fortius HRIS

Fortius HRIS memberikan kemudahan untuk pencatatan absensi, pengajuan cuti, serta pengajuan reimbursement dan cash advance hanya melalui aplikasi yang memudahkan karyawan untuk mengajukannya.

Selain menghadirkan payroll, pendataan karyawan, serta mengatur shift yang dapat memudahkan HR untuk mengelolanya.

Rippling

Rippling merupakan aplikasi HRIS yang terintegrasi dengan rangkaian solusi SDM dan teknologi. Aplikasi ini memudahkan pengelolaan penggajian, on-boarding, administrasi tunjangan, off-boarding, dan penyediaan akun. 

Sepenuhnya membantu perusahaan untuk mengendalikan semuanya secara online dan membebaskan segala penggunaan kertas. 

Omni HR

Selanjutnya ada Omni HR yang membantu perusahaan dalam mengotomatisasi end-to-end manajemen karyawan. Dengan menghilangkan kebutuhan entri data manual dan penggunaan dokumen, hal ini menghasilkan penghematan waktu dan mengurangi risiko kesalahan.

Omni menyediakan fitur untuk employee records, onboarding, recruitment, payroll, dan masih banyak lagi.

Bamboo HR

Bamboo HR adalah aplikasi HRIS yang telah dipakai oleh 18.000 perusahaan di seluruh dunia. 

Bamboo HR menyediakan fitur seperti, manajemen data karyawan, manajemen performa, manajemen rekrutmen, manajemen absensi, manajemen cuti.

Gusto 

Gusto menawarkan banyak fitur seperti fitur manajemen gaji, manajemen waktu dan kehadiran, manajemen cuti, dan manajemen dokumen karyawan. Sehingga menjadi salah satu rekomendasi aplikasi HRIS yang digunakan oleh perusahaan.

Membuat pengelolaan HR menjadi lebih cepat dan meminimalisir kesalahan terkait penggajian, SDM, dan banyak lagi fitur yang ditawarkan oleh Gusto.

Workday

Software HRIS selanjutnya ada Workday yang menghadirkan sistem HRIS untuk manajemen tenaga kerja, pelatihan tenaga kerja, kontrol audit, hingga payroll.  

Didesain untuk ramah pengguna dan dilengkapi pembaruan secara berkala untuk memastikan klien selalu memiliki akses ke fitur terbaru dari HRIS. Akses ke sistem dapat dilakukan melalui melalui browser atau perangkat seluler..

Connecteam

Connecteam adalah solusi terintegrasi yang dirancang untuk menyederhanakan manajemen sumber daya manusia dan memfasilitasi hubungan dengan tim yang bekerja secara online

Dengan fokus pada efisiensi dan koneksi antar anggota tim, Connecteam menyediakan berbagai fitur yang mendukung pengelolaan tenaga kerja dan pertumbuhan bisnis.

ADP Workforce Now

ADP Workforce Now menawarkan solusi HRIS yang berfokus pada peningkatan empat aspek penting dalam manajemen SDM. Hal ini termasuk payroll, time and attendance, talent management, and HR benefits

Setiap modul ini memiliki fitur yang berbeda untuk menyederhanakan operasi SDM sehari-hari.

GoCo

GoCo menghadirkan HRIS yang dapat menggabungkan fungsi penting HR seperti onboarding, benefits, and payroll, sehingga perusahaan dapat menyederhanakan proses dan menyimpan semua data HR dalam satu tempat.

GoCo menawarkan sistem HRIS yang modern dan user-friendly membuat sistem dapat di navigasi dengan mudah oleh semua pengguna.

Oracle

Rekomendasi aplikasi HRIS terakhir, Oracle. Perusahaan teknologi global ini dikenal sebagai penyedia berbagai solusi perangkat lunak, termasuk database, enterprise applications, dan cloud

Salah satu produk utama Oracle adalah perangkat lunak database Oracle Database, yang menjadi salah satu database terkemuka di dunia.

Kesimpulan 

Saat ini perusahaan telah mengurangi penggunaan manual dan beralih menggunakan HRIS sebagai solusi yang tepat. Penggunaan HRIS membawa sejumlah keuntungan seperti pengelolaan  SDM yang lebih efektif, minim kesalahan data, privasi yang baik, dan dapat mengurangi biaya operasional perusahaan.

Penggunaan HRIS membuat produktivitas perusahaan meningkat dan membawa daya saing tinggi dalam pasar. 

Mencoba beralih ke HRIS bersama penyedia perangkat HRIS yang bisa kalian pilih, salah satunya adalah Fortius HRIS, yang menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu mengoperasionalkan kebutuhan HR. Kunjungi Fortius HRIS untuk informasi lebih lanjut.

Semoga artikel mengenai contoh aplikasi HRIS bisa membawa insight baru mengenai HRIS ya! Jangan lupa kunjungi Blog Fortius untuk melihat artikel bermanfaat lainnya.

Terkait

Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia dan Strategi Menghadapinya
Read More
Akan Resign? Pahami One Month Notice Terlebih Dahulu
Read More
Tips cara memilih aplikasi HRIS untuk bisnis Anda
Read More

Thank You

Please check your email for further information and we will contact you soon through your registered number. Looking forward talking to you.