Follow us

8 Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia dan Strategi Menghadapinya

Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia dan Strategi Menghadapinya

Seiring dengan perkembangan era globalisasi yang pesat, organisasi dituntut untuk secara proaktif meningkatkan kompetensi sumber daya manusia guna menghadapi persaingan global yang semakin ketat. 

Untuk menghadapi hal tersebut, manajemen sumber daya manusia yang baik adalah jawabannya. Namun, perjalanan menuju kesuksesan tidak selalu mulus. Dalam penerapannya, tentunya ada tantangan yang dihadapi. 

Artikel ini akan mengidentifikasi tantangan manajemen sumber daya manusia serta mengeksplorasi berbagai strategi yang dapat diterapkan. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan pengelolaan sumber daya manusia dan mencapai kinerja dalam lingkungan bisnis yang semakin kompleks.

Apa Saja Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia?

Manajemen sumber daya manusia adalah sebuah aktivitas dalam merencanakan, melaksanakan, mengelola, dan mengontrol terkait sumber daya manusia dalam sebuah organisasi agar dapat bekerja secara efektif. 

Tidak mudah dalam mengimplementasi manajemen SDM, tentunya ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Diantaranya adalah faktor kinerja karyawan dan produktivitas karyawan. Sehingga kerap kali beberapa tantangan muncul.

Tantangan manajemen sumber daya manusia ini dapat menjadi sebuah peluang untuk menghadapinya dan melakukan perubahan. Sehingga hal ini dapat menjadi batu loncatan agar perusahaan dapat inovatif dan menjadi lebih produktif.

tantangan manajemen sumber daya manusia
Tantangan manajemen sumber daya manusia selalu ada, sehingga perlu ada strategi untuk menghadapinya (Sumber: Freepik)

Lalu, apa saja tantangan manajemen sumber daya manusia yang kerap ditemui? Berikut adalah pemaparannya.

Globalisasi

Tantangan manajemen sumber daya manusia yang pasti dijumpai adalah globalisasi. Dalam hal ini, persaingan global semakin ketat yang menuntut manajemen SDM untuk mencari talenta berkualitas bahkan dari belahan dunia.

Perusahaan tidak hanya bersaing dengan perusahaan lokal, tetapi juga dengan perusahaan multinasional yang menawarkan peluang dan benefit yang lebih menarik.

Selain tantangan dalam merekrut talenta baru, perusahaan juga harus fokus pada upaya mempertahankan karyawan yang sudah ada. Globalisasi telah meningkatkan mobilitas tenaga kerja, sehingga karyawan memiliki lebih banyak pilihan karier.

Selain mencari dan mempertahankan talenta terbaik, tantangan dari aspek globalisasi ini adalah persaingan yang ketat dengan perusahaan lain hingga tingkat internasional. Hal ini memaksa manajemen SDM untuk terus berinovasi dalam strategi perekrutan dan retensi karyawan

Perkembangan Teknologi

Salah satu aspek dari globalisasi adalah perkembangan teknologi yang bergerak secara dinamis seiring berjalannya waktu. 

Hadirnya teknologi artificial intelligence (AI), otomatisasi pekerjaan, hingga digitalisasi dengan berbagai aplikasi atau software memudahkan segala pekerjaan. Sehingga ini dapat meningkatkan produktivitas karyawan.

Namun, di sisi lain, teknologi juga menimbulkan kekhawatiran akan hilangnya lapangan kerja. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam pengelolaan sumber daya manusia.

Perbedaan Generasi

Hadirnya berbagai generasi seperti baby boomers, generasi x, generasi millennial hingga generasi Z memiliki karakteristik, nilai dan ekspektasi yang berbeda terhadap pekerjaan.

Misalnya, generasi millennial atau gen Z cenderung menghargai kerja yang fleksibel yang menjunjung work life balance. Namun, bagi generasi yang lebih tua telah terbiasa dengan struktur hierarki dan menghargai stabilitas pekerjaan.

Salah satu tantangan manajemen sumber daya manusia yang sering dijumpai adalah perbedaan generasi
Salah satu tantangan manajemen sumber daya manusia yang sering dijumpai adalah perbedaan generasi (Sumber: Freepik)

Selain itu, penggunaan teknologi juga membedakan para generasi dimana generasi muda lebih nyaman menggunakan beberapa variasi teknologi dalam bekerja atau berkomunikasi. Tetapi bagi generasi tua membutuhkan pelatihan agar bisa beradaptasi dengan teknologi.

Generasi MZ juga cenderung mengharapkan kemajuan karier yang cepat dan membutuhkan apresiasi atas hasil kerja mereka. Mereka pun juga membuka kesempatan luas untuk belajar dan berkembang. Namun hal ini tidak terjadi pada generasi yang lebih tua.

Sehingga ini menjadi tantangan manajemen sumber daya manusia yang patut dihadapi.

Retensi dan Kepuasan Karyawan

Tantangan yang sering dijumpai adalah tingkat turnover yang tinggi karena karyawan yang mengundurkan diri dengan berbagai alasan. Kehilangan karyawan berbakat tidak hanya berdampak pada produktivitas, tetapi juga meningkatkan biaya rekrutmen dan pelatihan karyawan baru.

Selain meningkatkan biaya operasional untuk rekrutmen, turnover yang tinggi juga dapat merusak budaya perusahaan dan menurunkan moral karyawan yang masih bertahan.

Salah satu faktor karyawan mengundurkan diri adalah kepuasan karyawan yang tidak terpenuhi di tempat kerja.Kepuasan karyawan memiliki korelasi yang kuat dengan tingkat turnover. Ketika karyawan merasa dihargai, tertantang, dan memiliki peluang untuk berkembang, mereka cenderung bertahan lebih lama di perusahaan. 

Sebaliknya, jika karyawan merasa tidak puas, mereka akan mencari pekerjaan lain. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengembangkan program retensi karyawan yang efektif untuk mengurangi tingkat turnover dan meningkatkan produktivitas

Kepatuhan Hukum dan Peraturan

Kepatuhan hukum dan peraturan dalam manajemen SDM merupakan tantangan yang kompleks dan terus berkembang.

Misalnya seperti perubahan undang-undang ketenagakerjaan, pajak, dan peraturan terkait SDM lainnya. Selain itu, peraturan dalam perusahaan misalnya kontrak kerja harus memenuhi persyaratan hukum, termasuk upah minimum, jam kerja, dan hak-hak karyawan lainnya.

Sehingga perusahaan harus proaktif dalam mengikuti perkembangan peraturan, membangun sistem yang efektif, dan membekali tim SDM dengan pengetahuan yang memadai untuk memastikan kepatuhan. 

Karena, kegagalan dalam mematuhi peraturan dapat berdampak negatif pada perusahaan, baik dari segi finansial maupun reputasi.

Perubahan Manajemen

Tidak semua perusahaan namun beberapa di antaranya kerap terjadi perubahan manajemen dalam perusahaan. Entah itu akuisisi hingga restrukturisasi para karyawan di setiap tingkatannya.

Perubahan ini akan menimbulkan ketidakpastian dan ketidaknyamanan bagi karyawan hingga muncul beberapa permasalahan baru.

Misalnya, ketika ada perubahan manajemen maka beberapa hal pun akan berubah. Contoh seperti rutinitas yang berubah dan tujuan yang berubah yang tidak diseimbangi dengan hak-hak sebelumnya. Karyawan pun juga mempelajari keterampilan baru yang tentunya membutuhkan waktu dan investasi biaya bagi perusahaan.

Selain itu, ini bisa menimbulkan kurangnya komunikasi yang efektif terhadap perubahan yang tidak jelas. Serta kepemimpinan yang kurang efektif yang berakibat ketidakpastian akan masa depan perusahaan. Hal-hal ini yang dapat membuat karyawan memilih untuk mengundurkan diri.

Fluktuasi Ekonomi

Faktor perubahan ekonomi dapat mempengaruhi perkembangan sumber daya manusia dalam hal stabilitas, strategi, hingga operasional perusahaan. 

Misalnya jika terjadi fluktuasi ekonomi, ini dapat menyebabkan ketidakstabilan dalam pasar tenaga kerja dan pengurangan anggaran operasional, termasuk anggaran untuk SDM.

Alhasil, perusahaan harus siap menghadapi tantangan seperti pengurangan gaji hingga pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Perubahan ekonomi juga mengharuskan perusahaan untuk mengubah strategi bisnis. Hal ini memerlukan penyesuaian dalam struktur dan fungsi SDM baru sehingga ini dapat menjadi tantangan manajemen sumber daya manusia.

Selain itu, perubahan ekonomi yang tidak menentu membuat karyawan memiliki ketidakpastian sehingga mereka akan mencari peluang pekerjaan baru seperti mencari pekerjaan di luar negeri atau di industri yang lebih stabil.

Perubahan Kebutuhan dan Ekspektasi Karyawan

Setiap generasi memiliki ekspektasi yang berbeda yang berkaitan dengan kebutuhan ini. Sehingga perubahan ekspektasi dan kebutuhan karyawan dapat menjadi tantangan manajemen sumber daya manusia (SDM).

Hal ini dapat berdampak bagaimana perusahaan  harus menyesuaikan strategi, kebijakan, dan praktik SDM dengan beragamnya SDM yang ada.

Di zaman sekarang, karyawan cenderung menginginkan fleksibilitas dalam jadwal kerja. Seperti bekerja dari rumah atau memiliki jam kerja yang fleksibel dibandingkan bekerja 9 to 5 di kantor. Kebutuhan lainnya yang karyawan harapkan adalah penerapan teknologi yang mempermudah pekerjaan dan pelatihan keterampilan yang memadai.

Selain itu, karyawan yang lebih muda lebih sadar atas konsep keberagaman, kesetaraan dan inklusi di tempat kerja. Sehingga mereka membutuhkan lingkungan kerja yang inklusif.

Dan masih ada beberapa tantangan manajemen SDM lainnya yang terjadi yang tentunya ini menjadi bahan pembelajaran dan evaluasi bagi manajemen SDM untuk menghadapinya.

Strategi Menghadapi Tantangan Manajemen SDM

Untuk mengatasi tantangan manajemen sumber daya manusia yang telah dijelaskan di atas, kini perusahaan perlu menerapkan strategi manajemen SDM yang komprehensif dan adaptif. 

Berikut beberapa strategi yang dapat dipertimbangkan untuk diimplementasikan:

Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi SDM

Investasi berkelanjutan dalam pelatihan dan pengembangan kompetensi karyawan adalah kunci keberhasilan perusahaan dalam menghadapi dinamika globalisasi. Sehingga MSDM perlu untuk membuat program pelatihan atau pengembangan kompetensi karyawan.

Melalui program pelatihan yang terukur dan relevan, perusahaan tidak hanya meningkatkan produktivitas karyawan, tetapi juga memupuk budaya belajar yang berkelanjutan untuk mencapai keunggulan kompetitif

Strategi tantangan manajemen sumber daya manusia ini bisa dilakukan secara bertahap misalnya setiap bulan. Atau disesuaikan dengan keterampilan yang akan diambil atau dikuasai.

Tujuannya tidak lain antara lain untuk meningkatkan keterampilan teknis, soft skills, komunikasi, hingga problem-solving karyawan agar dapat bekerja secara optimal.

Sehingga kedepannya karyawan dapat menghadapi globalisasi yang semakin dinamis hingga perubahan teknologi yang semakin maju dengan bekal ilmu yang diberikan. Dan manfaatnya bagi perusahaan tidak hanya meningkatkan kinerja, tetapi juga membangun pondasi yang kuat untuk pertumbuhan bisnis di masa depan.

Rekrutmen Talenta Berkualitas

Kunci utama perusahaan adalah sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu, manajemen sumber daya manusia dapat menyeleksi dan merekrut talenta yang memiliki keterampilan sesuai dengan pekerjaan yang dibutuhkan.

Strategi ini merupakan investasi strategis yang akan memberikan dampak signifikan pada keberhasilan perusahaan. Dengan menyeleksi calon karyawan yang memiliki kompetensi dan nilai-nilai yang sejalan dengan visi perusahaan, perusahaan dapat menciptakan tim yang solid.

Adaptasi Teknologi HRIS

Teknologi sudah semakin maju dan agar tidak tertinggal, perusahaan perlu untuk beralih mengadaptasi teknologi. Salah satunya adalah teknologi HRIS untuk manajemen sumber daya manusia. 

HRIS atau Human Resource Information System merupakan teknologi berbasis aplikasi atau software yang dapat mengotomatiskan tugas-tugas administratif dan mengelola karyawan. Seperti kehadiran karyawan, penjadwalan karyawan, manajemen cuti karyawan, reimbursement, hingga penggajian dapat dilakukan di dalam satu software ini.

Dengan mengotomatiskan proses administrasi, HRIS membebaskan tim HR untuk fokus pada kegiatan yang bernilai tambah seperti pengembangan karyawan dan pengelolaan kinerja lainnya.

Salah satu aplikasi HRIS yang dapat melakukan tugas-tugas tersebut adalah Fortius HRIS. Fortius HRIS adalah penyedia HRIS yang dapat memberikan solusi untuk mengelola karyawan. Alhasil, perusahaan dapat memperoleh keunggulan kompetitif dengan meningkatkan kecepatan, akurasi, dan transparansi dalam pengelolaan sumber daya manusia.

Komunikasi Yang Efektif

Strategi tantangan manajemen sumber daya manusia yang dapat diterapkan adalah membangun komunikasi yang efektif. Membangun budaya komunikasi yang terbuka dan transparan merupakan kunci untuk meningkatkan employee engagement atau keterlibatan karyawan

Bentuk komunikasi yang efektif seperti menciptakan saluran komunikasi yang efektif antara manajemen dan karyawan. Selain itu, perusahaan dapat memfasilitasi pertukaran ide, umpan balik, dan informasi yang berharga sehingga meningkatkan produktivitas dan inovasi.

Komunikasi efektif pun berguna untuk memastikan bahwa semua karyawan memahami visi dan misi perusahaan. Alhasil, hal ini dapat menyelaraskan upaya dan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Menyediakan Program Kesejahteraan Karyawan

Program kesejahteraan merupakan faktor penting yang patut manajemen SDM lakukan.Berikan dukungan dan benefit karyawan yang mendukung karyawan seperti program kesehatan fisik, layanan konseling mental, insentif, bonus, hingga tunjangan.

Kesejahteraan karyawan tidak hanya sekedar benefit, tetapi juga merupakan investasi jangka panjang. Ini akan memberikan dampak positif pada kinerja perusahaan seperti karyawan merasa dihargai, membantu mengurangi stres karyawan, hingga menjadi lebih produktif, kreatif, dan loyal terhadap perusahaan.

Membangun Budaya Positif

Budaya perusahaan yang kuat adalah aset yang tak ternilai bagi organisasi. Kultur atau budaya perusahaan yang positif dan sehat dan kuat dapat meningkatkan loyalitas karyawan.

Sejatinya, karyawan ingin merasakan keterlibatan tanpa tertinggal satupun yang disebut dengan inklusif. Selain itu, memahami sudut pandang orang dengan latar belakang yang berbeda juga merupakan bagian dari inklusif.

Umumnya perusahaan yang memiliki budaya inklusif cenderung lebih inovatif dan adaptif terhadap perubahan. Oleh karena itu, dengan menyelaraskan nilai-nilai perusahaan dengan prinsip-prinsip inklusivitas, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif dengan menyelaraskan nilai perusahaan dan prinsip inklusivitas.

Keseimbangan Work Life Balance

Terakhir adalah menciptakan keseimbangan kerja karyawan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Karena salah satu faktor utama yang menyebabkan karyawan keluar dari perusahaan adalah kurangnya keseimbangan kerja-hidup.

Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah memberikan batasan waktu bekerja dan lembur, menghargai waktu cuti karyawan tanpa diganggu, jam kerja fleksibel, menyediakan layanan konseling, dan lainnya.

Dengan mendukung work life balance, ini dapat meningkatkan kepuasan karyawan dan berdampak positif pada kinerja organisasi.. Sehingga ini dapat menjadi strategi manajemen sumber daya manusia yang dapat dilakukan.

Penutup

Manajemen sumber daya manusia dihadapkan pada tantangan yang semakin kompleks dan dinamis. Perubahan teknologi, globalisasi, dan perbedaan generasi adalah beberapa faktor yang turut membentuk lanskap kerja saat ini.

Agar tetap relevan dan kompetitif, perusahaan perlu menerapkan strategi yang inovatif dan adaptif dalam mengelola sumber daya manusianya. Dengan fokus pada pelatihan dan pengembangan kompetensi karyawan, rekrutmen talenta berkualitas kesejahteraan karyawan, dan teknologi HRIS, perusahaan dapat mengatasi tantangan manajemen sumber daya manusia dan mencapai tujuan bisnis.

Sejatinya adalah tantangan manajemen sumber daya manusia akan terus berkembang seiring dengan perubahan zaman. Oleh karena itu, para praktisi HR perlu terus belajar dan beradaptasi dengan hal ini.

Terkait

Akan Resign? Pahami One Month Notice Terlebih Dahulu
Read More
Tips cara memilih aplikasi HRIS untuk bisnis Anda
Read More
Inilah 9 Keuntungan Aplikasi HRIS Bagi UMKM
Read More

Thank You

Please check your email for further information and we will contact you soon through your registered number. Looking forward talking to you.