Follow us

Inilah 7 Prediksi Tren HR 2024 Yang Perlu Diketahui 

Tren HR 2024

Perkembangan zaman yang terkini menghadirkan transformasi mendalam dalam dinamika lingkungan kerja, salah satu aspek yang paling berpengaruh adalah tren di bidang Human Resources

Melihat tren HR 2024 di masa yang akan datang akan memberikan insight yang baik untuk menghadapi tantangan di masa depan. Untuk mengantisipasi hal yang akan datang

Dalam artikel ini akan memuat bahasan mengenai tren HR apa saja yang mungkin berkembang pada tahun 2024 mendatang untuk mengantisipasi permasalahan dalam HR.

Pengertian Tren HR 

Sebuah perusahaan tentu saja memiliki keinginan untuk terus berkembang. Perkembangan yang lebih baik harus mencangkup ke segala aspek termasuk dalam Human Resourcesnya sendiri. 

Maka perlunya menganalisis tren HR yang akan datang agar perusahaan tidak tertinggal dan bisa terus berkembang sesuai dengan perkembangan masa.

Tren HR sendiri adalah landasan untuk menjalankan fungsi-fungsi yang mendukung keberlanjutan pekerjaan serta menciptakan lingkungan kerja yang lebih luas dan terampil. 

Hal ini akan mencakup pengembangan kebijakan yang mendukung kesejahteraan karyawan, penerapan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dalam manajemen sumber daya manusia, dan penciptaan program pengembangan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja saat ini.

Tren HR setiap tahun mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan pasar dan perusahaan begitu pula pada tren HR 2024 yang akan datang.

Tantangan dan Solusi yang akan datang melihat tren HR 2024

Perlu untuk memperhatikan apa saja yang menjadi tren HR 2024 guna meningkatkan potensi perusahaan. Di bawah ini dijabarkan prediksi tren HR 2024 yang dapat anda simak. 

Pekerjaan hybrid yang meningkat

Tren HR 2024 pertama adalah peningkatan pekerjaan secara hybrid. Pandemi COVID-19 telah menyebabkan perubahan signifikan dalam tata cara kerja, dengan popularitas model kerja hybrid yang meningkat.

Banyak perusahaan mengadopsi sistem kerja Work From Home (WFH) sebagai respon terhadap ketidakpastian yang dihadapi selama pandemi.

tren HR 2024: peningkatan kerja hybrid
Setelah COVID-19, pekerjaan hybrid kian meningkat (Sumber: iStock Photo)

Dampak positif dari perubahan ini melibatkan :

  • Peningkatan fleksibilitas bagi karyawan 
  • Meningkatnya keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi 
  • Mengurangi stres terkait dengan mobilitas perjalanan
  • Menghindari lingkungan kerja yang kaku 

Di samping itu banyak tantangan yang telah dihadapi seperti : 

  • Hubungan komunikasi antar karyawan mengalami penurunan akibat terbatasnya interaksi dan komunikasi 
  • Jadwal yang tumpang tindih 
  • Akses teknologi yang masih kurang 
  • Menjadi tidak bisa memisahkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi 

Kedepannya tantangan seperti ini harus bisa diatasi oleh perusahaan agar dapat memiliki pengembangan yang mumpuni di masa yang akan datang. 

Solusi yang dapat dilakukan seperti adanya pembinaan hubungan antar karyawan, pembinaan penggunaan teknologi yang tepat, membangun budaya kerja yang mendukung dan lain sebagainya tergantung tantangan apa yang ditemui oleh masing-masing perusahaan.

Penggunaan AI yang sangat berkembang

Tren HR 2024 juga menyangkut penggunaan AI yang sangat berkembang. AI merupakan kecerdasan buatan yang dirancang untuk membantu manusia dengan mengembangkan program atau mesin yang mampu belajar dari data, mengenal pola, dan mengambil keputusan dengan sedikit atau tanpa campur tangan manusia. 

Menurut data yang dilansir oleh Hootsuite bahwa saat ini 34% perusahaan telah menggunakan AI dan 42% sedang mengeksplor penggunaan AI. 

Beberapa perusahaan telah menggunakan AI untuk berbagai kepentingan dalam perusahaannya menurut Hootsuite 19% perusahaan menggunakan AI image generators, 30% perusahaan menggunakan AI untuk menganalisis data, 21% perusahaan menggunakan AI untuk membuat video, dan 17% perusahaan menggunakan AI dalam HR.

AI berkembang menjadi tren HR 2024 karena penggunaan AI dalam HR sangat berguna menurut Business News Daily mayoritas 250 HR yang di survey menyatakan bahwa AI digunakan untuk fungsi operasional HR seperti untuk manajemen catatan karyawan, pemprosesan penggajian, administrasi untuk tunjangan, untuk perekrutan serta penerimaan karyawan baru. 

Perusahaan mengimplementasi AI membawa keuntungan seperti adanya efisiensi dalam perusahaan, efektif untuk mengumpulkan dan menganalisis data terlebih untuk aspek perekrutan.

Walau begitu, AI tidak dirancang untuk menggantikan kecerdasan manusia. AI hanya membantu dan membawa dampak positif kepada HR seperti : 

  • Mempermudah rekrutmen menjadi lebih efektif dan efisien
  • Membantu karyawan dengan adanya chatbot yang berfungsi untuk mengakses informasi perusahaan
  • Mengubah proses administrasi karyawan menjadi lebih sederhana
  • Memberikan rekomendasi pembelajaran yang disesuaikan dengan peran pekerjaan, keahlian, dan riwayat pembelajaran pribadi.

Di samping itu AI juga memiliki resiko dalam penggunaannya seperti adanya permasalahan privasi dan juga kerentanan keamanan siber karena AI digunakan untuk mengumpulkan data konsumen dan pemantauan karyawan.

Meskipun begitu manfaat AI masih lebih besar dibanding resikonya, hal ini yang harus ditingkatkan oleh HR di masing-masing perusahaan agar dapat mengelola AI lebih baik lagi. 

Seperti adanya kebijakan pengguna untuk karyawan, pelatihan tim untuk mengelola hak cipta perusahaan dan memastikan manusia tetap menjadi peran utama dalam meninjau dan mengedit segala hal yang dihasilkan oleh AI.

Penggunaan HRIS meningkat

Tren HR 2024 selanjutnya adalah peningkatan HRIS dalam kebutuhan perusahaan. HRIS (Human Resource Information System) sendiri merupakan kerja sama teknologi di bidang sumber daya manusia (HR). HRIS pada intinya digunakan untuk mengelola SDM, prosedur dan kebijakan dalam perusahaan.

HRIS ini memanfaatkan teknologi untuk menjalankannya. Menurut People Spheres bahwa perusahaan mengimplementasi HRIS karena memiliki fungsi yang baik untuk perusahaan, meningkatkan efisiensi perusahaan dan mendukung pertumbuhan perusahaan. 

Keuntungan yang diberikan oleh HRIS serupa dengan AI, yaitu mengotomatisasi berbagai proses administratif seperti penggajian, pengelolaan absensi, manajemen karyawan, pengelolaan aset dan aspek lainnya. 

tren HR 2024: penggunaan HRIS semakin meningkat

Dengan ini, HRIS akan memudahkan prosedur dan kinerja karyawan. Sehingga perusahaan masa kini sudah beralih ke HRIS dan mulai meninggalkan proses administrasi HR tradisional. 

Karena banyaknya keuntungan HRIS membuat HRIS menjadi tren HR 2024. Alhasil, banyak perusahaan yang menyadari nilai ini dan memilih untuk mengadopsi HRIS sebagai bagian strategi HR.

Fortius HRIS menghadirkan fitur khusus untuk mengelola berbagai kebutuhan administrasi karyawan mulai dari : 

  • Pencatatan absensi dan memantau kehadiran kapanpun dan dimanapun 
  • Pengajuan cuti dan memantau alokasi dan riwayat cuti karyawan
  • Mengelola keseluruhan informasi karyawan secara aman
  • Mengatur dan menyesuaikan shift kerja secara efektif
  • Memaksimalkan aset perusahaan dengan baik

Fortius HRIS dapat diakses dalam satu aplikasi dimana dapat menciptakan otomatisasi yang efektif dan efisien dalam semua aspek operasional HR. 

Dengan menggunakan Fortius HRIS, departemen HR dapat mengelola kegiatan sumber daya manusia dengan lebih efisien dan efektif. Kemajuan dalam aplikasi seperti Fortius HRIS akan memberikan dukungan yang lebih kuat terhadap tren HR 2024.

Kesejahteraan para pekerja 

Kesejahteraan para pekerja menjadi penting untuk perkembangan suatu perusahaan serta menjadi tren HR 2024 yang harus diperhatikan. Hal ini menyangkut segala hal untuk meningkatkan produktivitas, retensi, dan kepuasan kerja. 

tren HR 2024: kesejahteraan karyawan
Penting sekali untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan dengan benefit karyawan (Sumber: iStock Photo)

Peningkatan kesejahteraan karyawan ini dimaksudkan agar :

  • Menumbuhkan produktivitas 
  • Menurunkan tingkat stres 
  • Meningkatkan retensi karyawan
  • Meningkatkan kepuasan kerja
  • Meningkatkan kualitas kehidupan pribadi
  • Membangun budaya kerja yang positif

Di masa mendatang, kesejahteraan para pekerja harus dapat terus ditingkatkan agar perusahaan bisa terus berkembang. Selain itu, peningkatan ini juga merupakan investasi jangka panjang bagi kesuksesan perusahaan.

Perusahaan bisa menyediakan benefit karyawan demi tercapainya kesejahteraan karyawan. Selain itu, perusahaan dapat melakukan pengembangan kesejahteraan seperti :

  • Membuat model kerja yang lebih fleksibel dengan memperhatikan keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi para karyawan.
  • Mendukung kompensasi sebanding dengan kompetensi yang dimiliki masing-masing karyawan
  • Membuat pelatihan untuk membantu karyawan dalam mengelola stres
  • Mendukung kesehatan mental karyawan dengan menyediakan sumber daya seperti program konseling
  • Membangun hubungan yang sehat antar karyawan ataupun hubungan perusahaan dan karyawan 

Dengan meningkatkan kesejahteraan karyawan, karyawan yang merasa dihargai, didukung, dan memiliki keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi yang baik cenderung akan lebih setia terhadap perusahaan. Hal ini dapat mengurangi tingkat pergantian karyawan, yang pada gilirannya mengurangi biaya rekrutmen dan pelatihan untuk menggantikan pegawai yang keluar.

Rekrutmen yang kompetitif

Tren HR 2024 juga mencakup aspek rekrutmen. Bahwa rekrutmen akan menjadi persaingan yang ketat di masa depan, di mana perusahaan harus bersaing untuk mendapatkan calon karyawan yang berkualitas. Rekrutmen ini di sertai persaingan skill para calon karyawan.

prediksi tren HR 2024 yaitu proses rekrutmen semakin kompetitif
Prediksi tren HR 2024 yakni proses rekrutmen semakin kompetitif (Sumber: iStock Photo)

Rekrutmen yang kompetitif membawa dampak positif kepada perusahaan seperti : 

  • Peningkatan kualitas tenaga kerja
  • Peningkatan inovasi
  • Memperkuat reputasi perusahaan 

Jika setiap perusahaan menerapkan rekrutmen yang baik akan mendorong perusahaan bersaing untuk lebih selektif dalam memilih karyawan agar menghasilkan tim yang lebih berkualitas dan berkompeten.

Dengan pengembangan seperti ini diyakini bahwa di masa depan, perusahaan akan memiliki tenaga kerja yang unggul dan mampu bersaing.

Pengembangan pembelajaran dan keterampilan

Perkembangan AI dan HRIS dalam HR membawa perusahaan untuk terus berkembang. Hal ini juga termasuk pengembangan pelatihan untuk peningkatan keterampilan karyawan agar terus berinovasi dan bersaing mengikuti tren di masa yang akan datang. 

Pengembangan pelatihan dan pembelajaran diharuskan secara berkelanjutan yang mana pelatihan tidak hanya di awal saja tetapi terus-menerus agar memupuk keterampilan yang lebih kompeten.

Pengembangan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan ini akan memanfaatkan teknologi AI agar terciptanya pengetahuan karyawan sesuai dengan perkembangan terkini dalam manajemen HR.

Pengembangan pembelajaran dapat mencakup berbagai bentuk, seperti pelatihan dalam hal kecerdasan buatan (AI), manajemen perubahan, keterampilan kepemimpinan, dan pelatihan penggunaan software HRIS Program ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi karyawan, memungkinkan mereka menghadapi tuntutan baru dalam dunia kerja yang terus berkembang.

Selain itu pengembangan pembelajaran tidak terbatas hanya pelatihan kecerdasan buatan saja, perusahaan bisa memberikan pengembangan pembelajaran untuk pelatihan SDM lainnya seperti 

  • Pelatihan kepemimpinan dan manajemen
  • Pelatihan untuk peningkatan hard skill dan soft skill (skill training)
  • Team training untuk mengembangkan kerja sama tim yang baik
  • Mentoring dan Coaching

Dampak positif yang diambil oleh perusahaan di masa depan akan menyangkut : 

  • Peningkatan kompetensi karyawan secara terus menerus
  • Penguatan posisi perusahaan di pasar kerja
  • Peningkatan produktivitas perusahaan 
  • Peningkatan inovasi yang berkelanjutan 
  • Peningkatan daya saing perusahaan

Mendukung tinggi keberagaman dan kesetaraan 

Tren HR 2024 selanjutnya bahwa di masa yang akan datang akan banyak perusahaan mendukung tinggi keberagaman, kesetaraan dan inklusif dimana perusahaan menghargai berbagai kelompok sosial terlepas dari apa ras, etnis, agama, gender dan orientasi seksual mereka.

Dengan mendukung keberagaman dan kesetaraan ini membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dari semua lapisan masyarakat.

Jika menerapkan ini di Indonesia akan membawa citra positif untuk perusahaan, karena mencerminkan Indonesia yang masyarakatnya multikultural.

Dimungkinkan bahwa pada tahun 2024 jika perusahaan mendukung keberagaman dan kesetaraan membawa perusahaan lebih berkembang lebih jauh lagi.

Kesimpulan 

Tren HR akan terus berkembang untuk membawa perubahan dan daya saing yang baik antar perusahaan. 

Di tahun 2024 sesuai yang telah dijelaskan ada 7 tren HR yang bisa anda simak yaitu pekerjaan hybrid yang meningkat, penggunaan AI yang sangat berkembang, adanya HRIS yang membantu, pentingnya kesejahteraan para pekerja, pemilihan rekrutmen yang kompetitif, pengembangan pembelajaran dan keterampilan dengan pemanfaatan teknologi, serta mendorong perusahaan untuk mendukung tinggi keberagaman dan kesetaraan.

Tren HR ini diperlukan untuk menganalisis kebutuhan pasar yang akan datang agar perusahaan tidak tertinggal dan bisa terus berkembang sesuai dengan perkembangan masa.

Semoga artikel ini dapat membantu perusahaan anda melihat prospek yang baik di tahun 2024. Baca artikel lainnya yang berhubungan dengan karyawan di Blog Fortius HRIS.

Terkait

Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia dan Strategi Menghadapinya
Read More
Akan Resign? Pahami One Month Notice Terlebih Dahulu
Read More
Tips cara memilih aplikasi HRIS untuk bisnis Anda
Read More

Thank You

Please check your email for further information and we will contact you soon through your registered number. Looking forward talking to you.